Senin, 29 April 2024

INFORMASI :

Selamat datang di website resmi Desa Purwodeso Kec. Sruweng Kab.Kebumen. 

Kelas Bumil Pertemuan Kedua dan Ketiga

Kelas Bumil Pertemuan Kedua dan Ketiga

Purwodeso - Kelas Ibu Hamil (Bumil) Pertemuan Kedua dan Ketiga yang diadakan oleh Puskesmas Sruweng dilaksanakan pada Kamis (07/07/2022) dan Senin (11/07/2022) di PKD Desa Purwodeso pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai.

Pertemuan kelas bumil kedua diisi oleh Ibu Arba Rini Handayani, Bidan Puskesmas Sruweng yang membawakan materi berjudul Persalinan. Sedangkan, pertemuan ketiga membahas materi tentang Nifas dan Bayi Baru Lahir yang dipaparkan oleh Dokter Puskesmas Sruweng, dr. Restu Nur Rohman dan dihadiri pula oleh Bidan Wiwi Widiyati, Bidan Sidoagung, sebagai pengisi materi selanjutnya. Kedua materi yang di bawakan oleh narasumber tersebut merujuk  pada Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) yang di terbitkan oleh Kemenkes.

Materi sekilas pada pertemuan kelas bumil kedua bahwa “Persalinan ditandai dengan perut mulas yang semakin lama dan semakin sering serta keluar lendir bercampur darah / cairan ketuban dari jalan lahir, jika demikian segera bawa ibu hamil ke puskesmas/rumah sakit. Setelah bayi lahir lakukan imd inisiasi menyusui dini /meletakan bayi di dada ibu agar bayi merasakan kontak fisik dengan ibu dan agar bayi sesegera bisa menyusu. Jangan buang ASI yang pertama kali keluar karena mengandung kolostrum yang penting bagi kekebalan tubuh bayi” kata bidan Rini.

Selanjutnya, pada pertemuan ketiga “Nifas merupakan kondisi lahirnya plasenta sampai dengan 42 hari setelah itu atau dapat dikatakan sebagai kembalinya alat kandungan  seperti semula (seperti sebelum hamil) setelah plasenta lahir. Nifas merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus kehamilan sampai bayi lahir di dunia. Pada masa nifas, ibu perlu juga memperhatikan gizi makanannya, kebersihan diri, istirahat dan juga  pemberian ASI untuk tumbuh kembang bayi” kata dr. Restu.

Selain materi, kelas bumil pada pertemuan ketiga juga diisi dengan praktik langsung senam ibu hamil untuk menghilangkan pegal-pegal dan juga untuk membuat otot vagina semakin rileks dan lentur guna mempersiapkan persalinan yang dipandu langsung oleh bu bidan.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3